Hari ini :
You are not log in? >> Please Login

CONTOH SKRIPSI ILMU KOMUNIKASI REPOSITIONING SEBUAH PRODUK

PROPOSAL SKRIPSI

REPOSITIONING PRODUK A

Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Repositioning PRODUK A melalui kampanye iklan - iklannya


  1. Judul Proposal Penelitian

Repositioning PRODUK A (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Repositioning PRODUK A melalui kampanye iklan – iklannya)

  1. Latar Belakang

Terdapat 140.000 iklan televisi yang dilihat oleh seorang anak yang telah berusia delapan belas tahun di Inggris. Di Swedia, rata – rata konsumen menerima 3000 iklan setiap harinya. Sebelas negara di Eropa telah mengudarakan lebih dari 6 juta iklan televisi per tahun. Para ahli mengatakan bahwa akan terjadi penambahan dari 150 saluran televisi menjadi 500 di Amerika (Rivkin 2000:74-75). Ini menunjukkan bahwa semakin banyak produk dan merek yang muncul di pasar. Setiap minggu pasti ada puluhan merek baru beredar di pasar, tidak tahu siapa produsennya tetapi membuat pasar penuh sesak dan persaingan merek semakin menggila (Majalah Swa 9-22 Agustus 2007). Ini membuat sebuah positioning atau penempatan merk yang tegas semakin diperlukan, agar merek tersebut bisa tetap bertahan.

Penempatan merek ini tentu saja ada dalam benak pelanggan. Melalui positioning, pelanggan diberitahu apa benefit dari merek tersebut terhadapnya. Sebuah positioning sangat penting karena dengan positioning sebuah merek terlihat perbedaannya dengan merek lain dalam kategori produk yang sejenis. Hal ini yang memberi reason why bagi pelanggan untuk memilih merek tersebut bukan merek lain.

Seperti yang dilakukan Aqua ketika mendidik konsumennya agar beralih dari air PDAM ke air minum dalam kemasan. Aqua memposisikan dirinya sebagai air sehat setiap saat dan mengklaim produknya sebagai mountain spring water dengan kualitas air yang lebih baik dari air PDAM. Dengan positioning ini Aqua ingin mendidik konsumennya agar rutin mengkonsumsi Aqua. Dan positioning ini berhasil menancap di benak konsumen, Ini terlihat dengan berdirinya Aqua sebagai market leader air mineral. Total kapasitas grup Aqua adalah sekitar 1, 75 milyar liter per tahun. Bila Aqua menguasai sekitar 50%, maka total kapasitas produksi di Indonesia untuk air minum dalam kemasan sekitar 3, 5 milyar liter. Ini jumlah yang cukup besar untuk negara berkembang seperti Indonesia. (Irawan 2002:31-32). Ditambah lagi, Aqua adalah salah satu Long-Life Brand di Indonesia yang artinya sudah berusia lebih dari 25 tahun dan tetap eksis (Majalah Swa,26 Juli-8Agustus 2007).

Sebuah positioning harus dilakukan dengan dinamis. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, membuat situasi pasar juga berubah. Pelanggan yang dahulu berusia 8 tahun kini sudah mencapai 25 tahun. Pelanggan yang dulu disegmentasikan ke dalam golongan remaja kini telah menjadi wanita dan pria dewasa yang mapan. Hal ini juga turut mempengaruhi posisi merek bagi pelanggan. Jika situasi berubah sedemikian rupa, dan sikap pelanggan mulai berubah terhadap merek maka diperlukan suatu usaha pembenahan terhadap positioning merek tersebut. Harus dicermati apa yang menjadi penyebab berubahnya sikap konsumen terhadap merek, apa bagian dari merek yang masih melekat di benak konsumen. Dengan kata lain diperlukan sebuah repositioning bagi merek agar dapat kembali diterima oleh konsumen yang telah berubah. Seperti yang dilakukan oleh Cerebrovit.............................





UNTUK LENGKAPNYA (MAU KONSULTASI ATAU MAU BELI SOFTCOPY JURNAL , TA, THESIS SOFTCOPY LENGKAP) SILAHKAN HUBUNGI 0819 0421 5433 atau 0818 0260 7177. MAKASIH
UNTUK LENGKAPNYA (MAU KONSULTASI ATAU MAU BELI SOFTCOPY JURNAL , TA, THESIS SOFTCOPY LENGKAP) SILAHKAN HUBUNGI 0819 0421 5433 atau 0818 0260 7177. MAKASIH

About this entry

Post a Comment

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008