Hari ini :
You are not log in? >> Please Login

CONTOH SKRIPSI ILMU KOMUNIKASI FISIPOL POLITIK

A. Judul

Keberpihakan Media Dalam Pemberitaan Rencana Kenaikan Harga BBM (Analisis Isis Terhadap Surat Kabar Media Indonesia dan Surat Kabar Kedaulatan Rakyat Periode 2009).

B. Latar Belakang

Krisis moneter menimbulkan berbagai dampak negatif bagi seluruh aspek kehidupan di Indonesia. Melemahnya nilai tukar rupiah mengakibatkan harga-harga bahan pokok melambung tinggi. Hutang-hutang negara yang merupakan sisa-sisa dari pemerintahan Soeaharto semakin membebani pemerintah Indonesia ditengah-tengah situasi perekonomian yang sulit ini. Jalan yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi persoalan ini antara lain adalah dengan membebankan hutang negara kepada rakyat dan mengurangi subsidi.

Subsidi untuk pendidikan, kesehatan, dan bahan bakar minyak (BBM) merupakan hasil dari kebijakan pada masa pemerintahan Soeharto. Ketika kebijakan tersebut masih dilaksanakan, biaya pendidikan masih cukup terjangkau meskipun masih terdapat sebagaian kecil masyarakat yang tidak bias menikmati pendidikan yang layak karena ketidak mampuan untuk membayar, demikan pula dengan biaya kesehatan dan harga bahan bakar minyak masih terbilang murah dan cukup terjangkau.

Pengurangan subsidi diberbagai sektor tersebut mempersulit rakyat. Otonomi daerah sebagai hasil kebijakan pemerintah untuk mengurangi subsidi negara untuk budget daerah mengharuskan pemerintahan daerah bersama rakyatnya mandiri untuk memenuhi kebutuhan finansialnya. Demikian pula dengan kebijakan otonomi pendidikan yang membuat sekolah-sekolah mau tidak mau harus sanggup mencari sumber dana secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan operasionalnya. Bagi daerah dan sekolah yang belum siap dengan perubahan keadaan ini memilih untuk membebankan sumber dana dari masyarakat. Misalnya saja, sekolah-sekolah yang memilih untuk menaikkan SPP dan menarik biaya-biaya ekstra untuk menghadapi hal ini.

Seiring dengan semakin sulitnya kondisi ekonomi negara, pengurangan subsidi inipun diperluas ke sektor lainnya. Semenjak era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono, yaitu tepatnya sejak tahun 2006 pengurangan subsidi ini merambah ke sektor BBM. Harga minyak tanah, solar, dan premium pelan-pelan merambah naik. Isu yang beredar, naiknya harga premium akan berhenti pada kisaran nilai enam ribu rupiah. Hal ini dilakukan pemerintah dengan pertimbangan harga premium di Indonesia yang terbilang paling murah dibandingkan dengan negara-negara lain, melambungnya harga minyak di dunia, dan dengan alasan untuk mengalihkan subsidi BBM ini ke sektor pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan rakyat miskin di Indonesia. Pemerintah berusaha untuk menunjukkan hal ini melalui pemberian beasiswa BBM bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu, asuransi kesehatan rakyat miskin, bantuan sembako, dan bantuan langsung tunai (BLT).



UNTUK LENGKAPNYA (MAU KONSULTASI ATAU MAU BELI SOFTCOPY JURNAL , TA, THESIS SOFTCOPY LENGKAP) SILAHKAN HUBUNGI 0819 0421 5433 atau 0818 0260 7177. MAKASIH
UNTUK LENGKAPNYA (MAU KONSULTASI ATAU MAU BELI SOFTCOPY JURNAL , TA, THESIS SOFTCOPY LENGKAP) SILAHKAN HUBUNGI 0819 0421 5433 atau 0818 0260 7177. MAKASIH


About this entry

Post a Comment

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008