Hari ini :
You are not log in? >> Please Login

SKRIPSI ILMU AKUNTANSI EKONOMI

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Suatu organisasi didirikan untuk mencapai tujuan, seperti misalnya tujuan untuk menghasilkan laba, menciptakan lapangan pekerjaan, menyediakan barang atau jasa kepada publik, dan sebagainya. Agar tujuan-tujuan ini dapat tercapai, maka organisasi harus melakukan transaksi. Untuk memperlancar proses transaksi ini, diperlukan suatu alat yang telah disepakati bersama yaitu uang atau kas.

Dua kriteria yang harus dipenuhi agar suatu alat pembayaran dapat diklasifikasikan sebagai kas adalah (Harnanto, 1988: 95) :

a. Harus diterima oleh umum sebagai alat pembayaran atau diterima oleh bank sebagai simpanan, sebesar nilai nominalnya.

b. Harus dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk kegiatan perusahaan sehari-hari.

Berdasarkan kriteria tersebut di atas, pengertian kas meliputi uang tunai (kertas dan logam), check, wesel check yang ada di dalam perusahaan, dan simpanan uang di bank dalam bentuk rekening giro (demand deposit) yang sewaktu-waktu dapat diambil. Selain itu, hanya kertas-kertas berharga atau alat-alat pertukaran (pembayaran) yang pada saat bersamaan memenuhi kedua kriteria tersebut di atas yang dapat diklasifikasikan sebagai kas (Harnanto, 1988: 96).

1.1 Sistematika Pembahasan

Skripsi ini secara garis besar akan dibagi dalam lima bab, yaitu :

BAB I : Pendahuluan

Bab ini menyajikan gambaran umum yang mendasari dilaksanakannya penelitian, meliputi : latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika pembahasan.

BAB II : Landasan Teori

Bab ini berisi teori-teori yang melandasi diadakannya penelitian, mencakup antara lain: struktur pengendalian intern, pengujian pengendalian, Attribut Sampling Models, pengujian kepatuhan terhadap penerimaan kas, program pengujian pengendalian penerimaan kas.

BAB III : Gambaran Umum Perusahaan

Bab ini menjelaskan hasil penelitian di perusahaan yang meliputi: gambaran umum perusahaan yang mencakup sejarah berdirinya perusahaan, struktur organisasi, dan penerimaan kas.

BAB IV : Proses Pengendalian Akuntansi Terhadap Penerimaan kas

Bab ini menjelaskan hasil penelitian di perusahaan yang meliputi: proses pengendalian akuntansi terhadap penerimaan kas, pembandingan antara pengendalian akuntansi terhadap penerimaan kas yang diterapkan oleh perusahaan dengan pengendalian akuntansi yang baik. Hasil penelitian ini kemudian dianalisis sesuai dengan teori yang ada pada Bab II. Evaluasi yang diterapkan dalam bab ini merupakan dasar pengambilan kesimpulan dari masalah dalam skripsi ini.

BAB V : Penutup

Bab ini merupakan bab terakhir dari penulisan skripsi yang akan menyimpulkan hasil pembahasan. Dalam bab ini akan disertakan pula beberapa saran alternatif yang menyangkut pengendalian akuntansi terhadap penerimaan kas di perusahaan yang bersangkutan.

UNTUK LENGKAPNYA (MAU KONSULTASI ATAU MAU BELI SOFTCOPY JURNAL , TA, THESIS SOFTCOPY LENGKAP) SILAHKAN HUBUNGI 0819 0421 5433. MAKASIH

UNTUK LENGKAPNYA (MAU KONSULTASI ATAU MAU BELI SOFTCOPY JURNAL , TA, THESIS SOFTCOPY LENGKAP) SILAHKAN HUBUNGI 0819 0421 5433. MAKASIH

About this entry

Post a Comment

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008